Gigi Bungsu Miring Tidak Dicabut Bisa Berbahaya

Gigi bungsu merupakan gigi geraham yang terakhir tumbuh. Gigi bungsu biasanya mulai tumbuh saat menginjak usia 17 sampai 21 tahun ke atas. 

Tak semua orang mempunyai bentuk gigi bungsu normal seperti gigi yang lain. Kebanyakan orang mempunyai kondisi gigi bungsu yang tumbuh miring atau bahkan terpendam pada tulang rahang (impaksi). 

Kondisi itu, terkadang butuhkan perawatan khusus sampai pencabutan. Jika dibiarkan, terdapat efek samping gigi geraham tumbuh miring. 

Maka dari itu, jika gigi bungsu Anda miring, segera kunjungi dokter gigi spesialis terdekat. Sebab, akan muncul sejumlah efek samping dari gigi bungsu tumbuh miring. 

Bahaya Gigi Bungsu Miring Tidak Dicabut

  • Karies Gigi

Karies bisa terjadi di semua jenis gigi. Karies timbul karena ada sisa makanan serta bakteri melekat di permukaan gigi. Akhirnya, semakin lama permukaan gigi akan digerogoti bakteri. 

Permukaan gigi sulit atau jarang kena pembersihan rentan kejadian karies. Jika sisa makanan yang menempel pada permukaan tersebut, risiko karies gigi pun kian tinggi. 

Gigi bungsu tumbuh miring dan impaksi yang dibiarkan adalah hal berbahaya. Sebab, kondisi ini akan timbulkan efek gigi berjejal dengan gigi di sebelahnya. 

Kondisi tersebut memudahkan sisa makanan menempel serta susah dibersihkan. Akibatnya, masalah karies juga bisa timbul. Jika tak ingin alami karies gigi, perhatikan kebersihan gigi bungsu Anda dan bisa berkunjung ke dokter gigi spesialis terdekat. 

  • Gingivitis

Bahaya gigi tumbuh miring selanjutnya yakni resiko gingivitis atau radang gusi. Gingivitis disebabkan karang gigi yang tak dibersihkan, sehingga jadi radang antara gigi dan gusi. Gejala yang bisa muncul karena penyakit ini berupa pembengkakan gusi dan gusi berdarah saat menyikat gigi. 

Posisi gigi bungsu tumbuh miring pun tingkatkan risiko karang gigi. Lokasi yang susah dijangkau membuatnya susah dibersihkan. 

Jika Anda memang merasa gigi bungsu tak bisa dijangkau sikat gigi dengan baik, sebaiknya segera ganti kepala sikat lebih kecil sehingga bisa jangkau area gigi bungsu secara maksimal. 

  • Infeksi Gigi

Infeksi gigi akan terjadi di semua gigi yang sudah dimasuki bakteri. Kondisi ini termasuk bahaya dari gigi tumbuh miring. Jika bakteri menempel kian banyak, maka infeksi pun akan kian mudah terjadi. 

Gigi bungsu tumbuh miring dapat menyebabkan gigi geraham ke-2 atau molar ke-2 terkena karies gigi serta berlubang. Lubang gigi akan jadi pintu masuk utama serta tempat menempelnya bakteri sebelum pada akhirnya masuk ke saluran akar serta berkembang pada ujung akar. 

Bakteri yang telah menumpuk pada ujung akar akan sebabkan infeksi bakteri. Infeksi itu bisa sebabkan rasa sakit berdenyut serta ganggu tidur malam. Jika dibiarkan, kondisi itu akan timbulkan abses. 

Gigi abses serta bengkak bisa tandakan gigi sudah tak vital lagi. Di kasus ini, perawatan dianjurkan adalah perawatan saluran akar gigi. Namun, jika kerusakan berat, maka dapat dilakukan tindakan pencabutan gigi bungsu serta gigi molar ke-2. 

Jaga kesehatan Anda serta jangan biarkan sakit gigi ganggu aktivitas sehari-hari. Jika tumbuh gigi bungsu abnormal, bahkan timbulkan nyeri, segera konsultasi ke dokter gigi spesialis terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *