Pakai Behel Gigi Semarang, ini Cara Merawatnya!

Ingin menggunakan behel gigi Semarang, maka Anda juga harus tahu, bagaimana cara merawatnya. Mengingat kini gigi terhalang oleh behel, sudah pasti proses merawatnya juga lebih ekstra, agar tidak ada sisa makanan yang menempel, dan membuat kesehatan gigi, gusi dan mulut jadi terganggu.

  1. Hati hati dalam memilih makanan

Perhatikan makanan yang akan dikonsumsi, karena hal tersebut dapat membuat behel rusak, atau menyebabkan sisa makanan mudah menempel pada behel.

Misalnya saja pada awal penggunaan behel, sebaiknya gunakan makanan yang lunak dan halus, seperti pudding, es cream, jus buah dan yang lainnya. Jika ukurannya besar, sebaiknya potong kecil terlebih dahulu.

Hindari makanan yang keras, lengket, kenyal, dan perlu digigit keras. Misalnya saja apel, permen karet, dan yang lainnya.  

  1. Gosok gigi menggunakan sikat khusus

Ketika Anda menggunakan behel gigi Semarang, gunakan sikat gigi khusus, dengan bahan sikat yang halus, untuk mempermudah proses gosok gigi. Gunakan juga pasta gigi dengan fluoride, agar gigi tampak lebih cerah, serta mencegah keropos gigi.

Gosok gigi secara perlahan, dengan gerakan ke atas bawah dan ke sela sela gigi, serta kawat selama 3 hingga 5 menit. Lakukan rutin, selama 2 hingga 3 kali setiap hari.  

  1. Bersihkan sisa makanan menggunakan benang gigi

Atau disebut juga dengan dental floss, tujuannya untuk mengurangi sisa makanan yang menempel pada sela gigi dan kawat. Teknik ini dapat Anda lakukan, setelah selesai menyikat gigi. Dilanjut dengan menggunakan obat kumur, untuk melawan bakteri dan kuman di mulut.  

  1. Rutin cek ke dokter gigi

Selama behel terpasang, Anda juga harus rutin melakukan check up ke dokter, setidaknya 1 hingga 3 bulan sekali, atau bisa juga sesuai dengan anjuran dokter terkait. Tujuannya, selain untuk mengecek kondisi gigi, kontrol disebut juga berguna untuk mengganti kawat dan karet behel secara berkala, agar tetap bersih dan higienis.

  1. Menggunakan retainer

Setelah behel dilepas, Anda tetap harus melakukan kontrol setidaknya 1 hingga 2 tahun kedepan. Anda juga sebaiknya menggunakan retainer, agar gigi tidak kembali ke posisi semula, ketika sebelum menggunakan behel.

Demikianlah beberapa informasi tentang bagaimana cara merawat gigi yang sedang menggunakan behel gigi Semarang. Informasi ini penting, agar kesehatan gigi dan mulut senantiasa terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *